Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:20:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-20T08:00:23Z2019-10-01T11:37:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50900This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/509002017-07-20T08:00:23ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )
Lokasi SMA Negeri 2 Wates
Bendungan, Wates, Kulonprogo, D.I YogyakartaPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan mengajar siswa-siswi secara
langsung di sekolahan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) juga merupakan mata kuliah wajib
yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.
Dalam hal ini, praktikan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 2 Wates
yang terletak di Desa Bendungan dengan mengajar langsung siswa-siswi di SMA Negeri 2
Wates. Melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan mendapatkan pengalaman
tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal
untuk menjadi calon tenaga pendidik. Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
merupakan langkah awal bagi calon tenaga pendidik untuk menjadi tenaga pendidik yang
sebenarnya di masa mendatang. Dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) praktikan
diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan dan semua yang
dibutuhkan sebagai seorang pendidik profesional yang nantinya dapat berguna bagi nusa dan
bangsa.
Kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL. Observasi dilakukan baik
observasi sekolah maupun observasi kelas. Observasi ini dilakukan agar proses pelaksanaan PPL
dapat berjalan lancar. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL terbagi menjadi beberapa tahap yaitu
persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Persiapan mengajar
dilakukan dengan cara mengadakan konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada
guru pembimbing. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X IIS
1 dan X IIS 2. Dan evaluasi hasil mengajar di laksanakan setelah pelaksanaan mengajar oleh
guru pembimbing (pamong) pula.
Dalam pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 2 Wates banyak
pengalaman yang diperoleh. Pengalaman bagaiman cara mengajar langsung siswa-siswi di
sekolah serta menerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan
Sejarah yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dengan adanya PPL ini diharapakan sebagai
calon tenaga pendidikdapat mendidik peserta didik secara profesional sehingga dapat membantu
mencerdaskan kehidupan bangsa. Meskipun demikian, pelaksanaan PPL telah usai dilaksanakan,
namun masih ada hambatan dan kekurangan dalam melaksanaan PPL. Kekurangan yang terjadi
selama pelaksanaan PPL adalah hal yang sangat wajar. Dengan melihat hambatan dan
kekurangan yang ada dapat dijadikan sebagai pengalaman.Lutfi Irwan Darmawan Lutfi Irwan Darmawan