Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:32:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-30T04:13:47Z2019-10-01T11:49:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35695This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/356952016-06-30T04:13:47ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
SMP NEGERI 4 DEPOKPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga
pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses
pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. PPL juga berfungsi sebagai
salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL
dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya
mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga
pendidik.
Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberi kesempatan
kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di
sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 4
Depok , penyusun diberi kepercayaan untuk mengajar kelas VII A dan VII D Materi
teori terdiri dari pengertian seni tari, unsur-unsur pendukung seni tari, pengertian tari
tunggal beserta contohnya, pengertian tari berpasangan, pengertian tari kelompok,
Jenis dan bentuk tari tunggal serta keunikan bentuk tari tunggal. Materi Praktek
meliputi mempraktekan ragam gerak tari manuk dadali dengan hitungan dan iringan
dan menyusun pola lantai tari manuk dadali.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan
pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat
pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat
menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai
dengan program studi masing-masing.Lulu Zakiah Lulu Zakiah