Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:57:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-25T01:25:51Z2019-10-01T12:02:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37232This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/372322016-07-25T01:25:51ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SD NEGERI PUNUKAN
JL. KOKAP Km. 1 BEJI, WATES 55611
2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai program KKN dan PPL untuk
mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas output dengan cara
menunjukkan realita di lapangan khususnya di sekolah agar para mahasiswa dapat
lebih meningkatkan eksistensinya dalam dunia pendidikan serta menyiapkan dan
menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan, dan ketrampilan profesional. SD Negeri Punukan merupakan salah satu
dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi KKN-PPL UNY pada tahun 2014.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib
diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan sebagai salah satu syarat untuk
meraih gelar sarjana di Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini kegiatan PPL
dilaksanakan secara terpadu yang diselenggarakan di sekolah atau lembaga. Hal ini
dimaksudkan agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang bermanfaat, serta
dapat mengimplementasikan kemampuan yang telah diperoleh selama kuliah di
Universitas Negeri Yogyakarta dan untuk meningkatkan produktivitas tenaga
pendidik, khususnya calon guru baik secara kualitas maupun kuantitas.
Dalam pelaksanaannya, program PPL digabung dengan program KKN
sehingga dalam hal ini disebut dengan program KKN-PPL. Program KKN-PPL UNY
2014 dilaksanakan dari tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 yang
bertempat di SD Negeri Punukan yang beralamatkan di Jalan Kokap Km 1, Beji,
Wates, Kulon Progo.
Laporan ini berisi tentang : analisis situasi sekolah, observasi sekolah,
perumusan program, dan rancangan PPL, membuat rancangan pembelajaran atau
RPP, pelaksanaan praktek mengajar, analisis hasil dan refleksi pembelajaran setelah
selesai praktek mengajar terbimbing dan mandiri, hambatan dan kendala yang
ditemui dalam pelaksanaan PPL disertai pemecahannya.
Dengan demikian, program pelaksanaan KKN-PPL yang telah dipraktekkan
dapat diambil kesimpulan bahwa program KKN-PPL di SD Negeri Punukan berjalan
dengan baik dan lancar. Selain itu pelaksanaan KKN-PPL juga sangat bermanfaat
dalam memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai
latihan sebelum terjun nantinya kemasyarakat, sekolah atau lembaga lainnya dalam
melakukan tugas yang secara nyata.Lukman Nul’aual Jamil Lukman Nul’aual Jamil