Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:57:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-13T01:16:46Z2019-10-01T11:49:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30939This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/309392016-04-13T01:16:46ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP NEGERI 1 SEWONUniversitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan pengembangan dari IKIP
Yogyakarta, dimana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus
mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta
menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan dan keterampilan sehingga menjelma menjadi tenaga professional
pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka UNY memberikan pengetahuan
dan keterampilan kepada mahasiswa dalam serangkaian mata kuliah yang salah
satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL ini bertujuan untuk melatih
mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan
adanya PPL ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk
mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang professional sehingga memiliki
sikap, nilai, keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam profesinya.
Kegiatan atau program PPL dilaksanakan di SMP N 1 Sewon pada tanggal 10
Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Sebelum kegiatan dilaksanakan,
terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran
mikro, pembekalan, dan observasi. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang
dilakukan di SMP N 1 Sewon adalah kegiatan praktik mengajar di kelas sebagai
program utama. Program utama individu praktikan adalah membuat perangkat
pembelajaran, praktik mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Praktikan
mengampu pelajaran Bahasa Jawa kelas VII sebanyak 8 kelas, yaitu kelas VII A,VII
B,VII C, VII D, VII E, VII F, VII G dan VII H dengan total pertemuan sebanyak 16
kali tatap muka pada setiap kelas yaitu pada minggu ke-II dan ke III. Proses
pembelajaran dilakukan menggunakan metode Scientific serta kurikulum yang di
gunakan yaitu kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif melalui kegiatan
pengamatan, penyelidikan, diskusi, dan komunikasi (presentasi).
Hasil dari kegiatan PPL selama 1 bulan adalah pelaksanaan PPL berjalan
dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti. Kelancaran pelaksanaan program
PPL UNY 2015 ini tak lepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah,
khususnya guru pembimbing, mahasiswa serta peserta didik SMP Negeri 1 Sewon.Lukman Hamzah Lukman Hamzah