Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T02:13:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-11-28T01:04:38Z2019-01-29T17:13:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7764This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77642012-11-28T01:04:38ZHAMBATAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENULIS
KARYA TULIS ILMIAH DI KECAMATAN KEBASEN
KABUPATEN BANYUMAS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja hambatan guru SD dalam
menulis karya tulis ilmiah di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi
penelitian guru SD di Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster quota sampling. Setiap gugus SD di
Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas diambil quota sebanyak 4 SD sebagai
sampel sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 guru SD. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup. Instrumen penelitian diuji
menggunakan validitas isi (content validity). Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rerata dan
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 67% guru memiliki
hambatan dalam penulisan karya tulis ilmiah jenis diktat/ modul pembelajaran,
58% guru memiliki hambatan dalam penulisan buku pelajaran, 56% guru
memiliki hambatan dalam penulisan artikel ilmiah dan 50% guru memiliki
hambatan dalam penulisan tulisan ilmiah populer. Faktor yang menjadi hambatan
dalam penulisan karya tulis ilmiah tersebut adalah biaya dalam penulisan karya
tulis ilmiah, sarana dan prasarana yang terbatas dalam menulis karya tulis ilmiah,
terbatasnya waktu untuk menulis karya tulis ilmiah, kurangnya penguasaan
komputer sebagai sarana menulis karya tulis ilmiah, kesulitan menemukan dan
menuangkan ide/ gagasan dalam bentuk karya tulis ilmiah serta keterbatasan
wawasan yang dikarenakan rendahnya minat membaca.
Fitriyah Ludiana