Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:39:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-01T06:12:43Z2019-01-29T18:15:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9687This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/96872013-02-01T06:12:43ZMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN
DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2
KOKOSAN PRAMBANAN KLATENPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan
deskripsi melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri 2
Kokosan Prambanan Klaten.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk
kolaborasi. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakanmodel Kemmis
dan McTaggart. Langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas
IV SD Negeri 2 Kokosan yang berjumlah16 orang, terdiri dari tujuh siswa laki-
laki dan sembilan perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Validasi lembar observasi
menggunakan validitas isi, sementara tes menggunakanexpert judgment. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif
kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui data hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat
meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri
2 Kokosan. Hasil nilai rata-rata kelas pada pratindakan adalah 66,18, untuk nilai
ketuntasannya 3 siswa atau 18,75%, dan belum tuntas 13 siswa atau 81,25%. Hal
ini belum memenuhi nilai KKM yaitu ≥70. Hasil tindakan pada siklus I
menggunakan media gambar lingkungan sekolah sebagai sumber yang diamati
siswa. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I nilai
rata-rata kelas 70,18, untuk nilai ketuntasannya 9 siswa atau 56,25%, dan belum
tuntas 7 siswa atau 43,75%. Berarti ada kenaikan pratindakan ke siklus I.
Tindakan pada siklus II siswa diajak keluar kelas untuk langsung mengamati
lingkungan sekitar sekolah. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi
pada siklus II ditunjukkan nilai rata-rata kelas 75,56, untuk nilai ketuntasan ada13
siswa atau 81,25%, dan belum tuntas 3 siswa 18,75%. Selain itu keaktifan siswa
dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Siswa jadi lebih bisa memahami jika
diberikan banyak contoh yang ada di sekitar lingkungan siswa. Berarti nilai
menulis karangan deskripsi dan keaktifan siswa mengalami peningkatan dari
pratindakan ke siklus I dan ke siklus II.
Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi dan pendekatan
kontekstual.Mita Listya Lorna