Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:04:42ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-06T08:52:45Z2019-10-01T11:37:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50521This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/505212017-07-06T08:52:45ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMK N 2 PENGASIHGuru merupakan salah satu tokoh yang kini dapat diberi kata “wajib” keberadaannya dalam sekolah. Pelaksanaan Kegiatan PPL bertujuan untuk membangun dan mencetak seorang mahasiswa menjadi seorang pendidik (guru). Pelaksanaan Kegiatan PPL merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari PPL adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.
Dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini, sebelumnya telah dilakukan observasi lapangan terlebih dahulu. Observasi di lapangan ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing ataupun guru pengampu mata pelajaran dilakukan dalam rangka persiapan dalam pelaksanaan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 15 Juli s.d. 15 September 2016 bertempat di SMK N 2 Pengasih yang beralamat di Jln. KRT. Kertodiningrat, Margosari, Pengasih, Kulon Progo. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran, melakukan praktik mengajar serta evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat adalah Buku Kerja Guru (BKG). Dalam pelaksanaan PPL ini penulis melakukan pratik mengajar terbimbing dan mandiri di kelas XII TGB dan XI TGB 2 pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan.
Kegiatan PPL ini memberikan hasil berupa pengalaman nyata, baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.Linda Mery Evita Linda Mery Evita