Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:26:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-16T02:05:12Z2019-01-30T03:59:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27013This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/270132015-10-16T02:05:12ZKARAKTERISTIK MUSIK ILUSTRASI UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS “THE VEHICLES”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Karakteristik musik ilustrasi untuk media pembelajaran bahasa inggris "The Vehicles", dengan mendeskripsikan secara utuh sebuah kondisi atau sebuah subyek penelitian secara sistematik yaitu karakteristik musik ilustrasi dalam film animasi “The Vehicles”.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif (Descritive Method) yakni, mendeskripsikan secara utuh sebuah kondisi atau sebuah subyek penelitian secara sistematik (Watanabe, 1967:5). Penelitian ini juga menggunakan content analysis (analisis isi) untuk proses penelitian terhadap data yang tidak berstruktur yaitu film, puisi, tari dan musik. Hal yang diutamakan di dalam penelitian ini adalah proses pencarian data pada saat peneliti melakukan wawancara sesuai dengan kisi-kisi di lapangan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi yang dilakukan dengan jalan pengamatan langsung objek penelitian dan wawancara. Observasi/pengamatan langsung tersebut meliputi melihat, mendengarkan, menganalisis karakteristik musik ilustrasi pada film animasi “The Vehicles”dan pencatatan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan objek penelitian, kemudian merangkumnya berdasarkan sumber data.
Hasil penelitian menyebutkan, terdapat beberapa unsur dalam karakteristik musik ilustrasi yang membangun karakter/suasana, antara lain : pemilihan voice, melodi, progress akor, irama dan kesesuaian visual.. Pemilihan voice antara lain : glockenspiel, musik box, midi fantasi, gitar, bass, piano, drum set, string , dan timpani yang familiar untuk anak. Pengolahan melodi baik berupa : imitasi, repetisi, diminusi dan sekuen membuat penyajian melodi lebih menarik. Progresi akor menyesuaikan alur melodi, yaitu: melangkah dan melompat. Irama yang digunakan adalah on beat dan un beat. Kesesuaian dengan visual, musik dan narator telah mampu menyampaikan pesan yang dimiliki karya animasi tersebut, dimana terdapat karakter yang menonjol, antara lain: Pembuka (opening), karakter tegang, karakter megah, karakter jenaka dan penutup dengan jenis lagu nina bobo (lullaby).Fagastia Anggrang Linaras