Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:12:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-02T07:27:56Z2019-10-01T12:02:08Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38267This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/382672016-08-02T07:27:56ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA
JL. GOWONGAN KIDUL JT. III/416 YOGYAKARTASebagai salah satu Universitas dengan latar belakang pendidikan, Universitas
Negeri Yogyakarta memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan
yanghandal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata
kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan
diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para
mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1.
Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam
menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses
pembelajaran, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat
dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi.
Dalam kegiatan PPL di SMK N 7 Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal
14 Juli 2014 sampai 17 September 2014, mahasiswa praktikan diberi kesempatan
melaksanakan praktik mengajar di kelas. Dalam hal ini kelas yang diampu yaitu X
Administrasi Perkantoran 1 untuk mata pelajaran Kearsipan.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik
dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan
mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di kelas pada khususnya dan di
lingkungan sekolah pada umumnya serta pengalaman dan pengetahuan dalam
penyusunan administrasi guru. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana
dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Harapannya, semua pengalaman ini
semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik
dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan
datang.Lilis Setyowati Lilis Setyowati