Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:47:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-26T03:14:18Z2019-10-01T11:49:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33397This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/333972016-05-26T03:14:18ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN
Jalan Mataram 5, Belangwetan, Klaten Utara, KlatenPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa
pada tanggal 10 Juli sampai dengan 11 September 2015 merupakan wahana bagi
mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran
disekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan
pengalamannya tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini
diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga
kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat
pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK
Negeri 4 Klaten. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi, 5 Program Studi Administrasi Perkantoran, dan 3 Program
StudiAkuntansi.
Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 11
September, sebanyak 2 pertemuan di kelas XI AP1, 2 pertemuan XI AP 2, dan 4
pertemuan di kelas XI AP 3. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Mengelola
Sistem Arsip, meliputi pengertian dokumen dan dokumentasi, perbedaan dokumen
dan dokumentasi, jenis dokumen, peran dokumentasi, ruang lingkup dokumentasi,
tugas dokumentasi, bahan dokumentasi, pengertian arsip dan kearsipan, serta jenisjenis
arsip. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah Cooperative
Learning tipe STAD. Langkah pembelajaran dimulai dari guru menjelaskan sedikit
tentang materi yang dipelajari pada pertemuan tersebut, selanjutnya siswa
berkelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 5 sampai 6 orang. Setiap kelompok
memiliki ketua kelompok yang bertugas untuk memahamkan materi yang telah
dijelaskan kepada semua anggota kelompok, kemudian diakhir pembelajaran
diadakan kuis untuk menguji pemahaman semua siswa terhadap materi yang
dipelajari pada pertemuan tersebut. Kelompok yang menjadi pemenang dalam kuis
mendapatkan reward. Media yang digunakan adalah slide presentasi, modul, laptop
dan whiteboard.
Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan
dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan- hambatan.
Hambatan yang dihadapi hanya pada peraturan dari sekolah yang harus observasi
terlebih dahulu sebelum mengajar dikelas sehingga waktu pertemuan dikelas
hanya dua sampai tiga pertemuan. Solusi dari hambatan tersebut dengan
mengikuti pembelajaran dikelas yang diampu oleh mahasiswa se-jurusan.Lia Yulia Lia Yulia