Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:12:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-07-23T02:06:12Z2019-01-30T16:41:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57717This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/577172018-07-23T02:06:12ZPENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEPENGURUSAN ORGANISASI INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMA/MA NEGERI SEKECAMATAN WATESKeaktifan Siswa dalam kepengurusan OSIS merupakan faktor yang diduga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Peneliti ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat keaktifan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah; (2) mengetahui motivasi belajar siswa yang mengikuti kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah; (3) mengetahui pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap motivasi belajar di SMA/MA Negeri Sekecamatan Wates.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat noneksperimental yaitu Ex Post Facto. Subjek penelitian adalah siswa pengurus OSIS di SMA/MA Negeri Sekecamatan Wates yaitu sebanyak 93 siswa. Data tentang keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS dan motivasi belajar diambil dengan instrumen angket. Uji validitas instrumen mengunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data mengunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan untuk pengujian hipotesisnya mengunakan teknik analisis regresi sederhana.
Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS pada kategori sangat tinggi 22,58%, kategori tinggi 61,29%, kategori sedang 16,13, kategori rendah 0%, dan tidak ada siswa dengan kategori rendah ataupun sangat rendah. (2) motivasi belajar pada kategori sangat tinggi 10,75%, kategori tinggi 61,29%, kategori sedang 27,95, dan tidak ada siswa dengan kategori baik rendah ataupun sangat rendah. (3) hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS terhadap motivasi belajar dengan nilai t_hitung 6,738 > t_tabel 1,990. Nilai Sig 0,00 < taraf signifikansi 0,05. Persamaan Regresi Y = 16,226 + 0,499X menunjukan bahwa penerapan keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS bertambah satu, maka prestasi belajar bertambah 0,499. Nilai determinasi R^2 = 33,3% yang berarti sumbangan pengaruh keaktifan siswa dalam kepengurusan OSIS dengan motivasi belajar siswa SMA/MA N Sekecamatan Wates adalah 33,3% sehingga masih terdapat 66,7% faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar.Muchtar Ali A SatarMuchtarali70@yahoo.comBarkah Lestari2018-07-23T02:00:19Z2019-01-30T16:41:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57714This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/577142018-07-23T02:00:19ZPENGARUH HASIL BELAJAR, MOTIVASI BERPRESTASI DAN
PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS
SMA NEGERI 1 PEJAGOAN KEBUMEN AJARAN 2017/2018Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh hasil belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 3) pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 4) pengaruh hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik dibantu dengan software SPSS for windows versi 22. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 158 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 112 siswa dengan teknik proportional random sampling. Sebelum analisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji lenearitas, uji multikolinearitas dan uji heterosedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) hasil belajar tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan, 2) terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 3) terdapat pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, 4) terdapat pengaruh hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua secara bersama-sama terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,329 atau 32,9% yang bermakna bahwa 32,9% minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh hasil belajar, motivasi berprestasi dan pendapatan orang tua, sedangkan sisanya sebesar 67,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Mei Indrianimeiindriani16@gmail.comBarkah Lestari2015-07-02T00:40:12Z2015-07-03T01:19:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21926This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/219262015-07-02T00:40:12ZSOFTWARE ANBUSO SEBAGAI ALAT ANALISIS BUTIR SOAL YANG PRAKTIS DAN APLIKATIFPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan software AnBuso, dan mengidentifikasi kendala penggunaannya. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan dokumentasi, kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini menghasilkan software AnBuso dan buku panduan yang dapat dimanfaatkan guru dalam melakukan analisis butir soal secara praktis dan aplikatif. Software tersebut dinilai sangat layak oleh guru dilihat dari aspek kepraktisan dan kemudahan, kebermanfaatan, substansi isi, dan tampilan. Kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan software ini terkait dengan lemahnya penguasaan guru terhadap program Microsoft Excel, kurang terbiasanya melakukan analisis butir soal, pemahaman konsep analisis butir soal yang terbatas, dan kendala teknis yang terdapat dalam software.Ali Muhsonalimuchson@yahoo.comBarkah LestariSupriyanto SupriyantoKiromim Baroroh2015-06-12T05:41:12Z2015-06-12T05:41:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20460This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/204602015-06-12T05:41:12ZIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAN DI SMA DAN SMK MENYONGSONG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan kesiapan guru serta persepsi kepala sekolah serta kesiapan dan kendala yang dihadapi sekolah terhadap implementasi program pendidikan kewirausahaan di SMAdanSMK dilihat dari akreditasi sekolah. Subjek penelitian melibatkan 16 sekolah SMA dan SMK yang ada di DIY.Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru dan kepala SMA dan SMK; kesiapan guru dilihat dari akreditasi, kemampuan mengintegrasikan nilai-nilai kewirausahaan, dan sarana/prasarana terhadap implementasi program pendidikan kewirausahaan tergolong sedang dengan rincian yang akreditasi sekolahnya A lebih tinggi dibandingkan dengan yang berakreditas B serta yang berasal dari SMK lebih tinggi daripada dari SMA; kendala utama yang dihadapi guru di SMA adalah kurangnya kemampuan mengintegrasikan kewirausahaan dalam perangkat pembelajaran (83,33%) dan adanya keterbatasan waktu (83,33%), sedangkan kendala utama yang dihadapi guru SMK adalah belum adanya dukungan dana dari sekolah (66,66%)Sugiharsono Sugiharsonosugiharsono@gmail.comBarkah LestariEndra Murti Sagoro