Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:50:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-09T07:36:18Z2019-10-01T12:02:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39289This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/392892016-08-09T07:36:18ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 NGEMPLAK
SLEMAN
(1 Juli 2014 – 17 September 2014)
NOMOR LOKASI E 009Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib ditempuh
oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal
ini, praktik pengalaman lapangan diselenggarakan di lokasi SMA Negeri 1
Ngemplak yang beralamat di dusun Cokrogaten, desa Bimomartani, Ngemplak,
Sleman. Yogyakarta. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih
mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan
kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri
menjadi tenaga yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan observasi pembelajaran di
kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat
pembelajaran. Inti kegiatan praktik pengalaman lapangan ini terdiri dari dua bidang
yaitu praktik mengajar dan administrasinya serta kegiatan rutin piket harian yaitu
pendampingan guru piket. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 13
Agustus – 13 September 2014 dengan mata pelajaran Kimia. Jumlah jam mengajar
tiap kelas yaitu 3 jam per minggu di kelas X MIA 1, X IIS 2, serta 4 jam per minggu
di kelas XI MIA 2 dan XII IPA 2. Jumlah pertemuan selama praktikan mengajar di
SMA N 1 Ngemplak yaitu 20 kali pertemuan di kelas X, XI, dan XII. Dalam
pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini praktikan menggunakan media White
Board, dan Power Point. Sedangkan untuk metode atau strategi pembelajaran yang
digunakan diskusi, ceramah, dan presentasi oleh siswa.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat
memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak 8 kali
pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah
(1). Dari praktikan, penguasaan kelas yang masih perlu ditngkatkan lagi (2).
Pembagian waktu dalam mengajar kurang efektif.Leni Suleni Leni Suleni