Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:11:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-15T02:39:33Z2019-01-29T23:32:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20534This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/205342015-06-15T02:39:33ZPENERAPAN METODE PEER TUTORING BERBANTUAN JOBSHEET UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SULAM BAYANGAN
SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRIPENERAPAN METODE PEER TUTORING BERBANTUAN JOBSHEET UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SULAM BAYANGAN
SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI
Oleh:
Latifah Nurmaningtias
NIM 10513244030
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar membuat sulam bayangan siswa kelas XI dengan menggunakan metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet di SMK Muhammadiyah I Imogiri, (2) mengetahui pendapat siswa tentang penerapan metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan menggunakan desain dari Kemmis dan Taggart dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah I Imogiri dengan subjek penelitian yaitu, 12 siswa kelas XI busana butik SMK Muhammadiyah I Imogiri. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah I Imogiri. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) teknik observasi, (2) catatan lapangan, (3) tes unjuk kerja, (4) angket pendapat siswa. Uji validitas isi dengan meminta pertimbangan tiga ahli (judgment experts) dan uji reliabilitas dengan menggunakan antar rater. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet diterapkan sesuai dengan langkah-langkah metode Peer Tutoring sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI busana butik SMK Muhammadiyah I Imogiri, yang dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada saat prasiklus dari 12 siswa hanya 3 siswa atau 25% yang tuntas, pada siklus I dari 12 siswa terdapat 8 siswa atau 67% yang tuntas, dan pada siklus II dari 12 siswa terdapat 10 siswa atau 83% yang tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan 14,69% hasil belajar setelah penerapan metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet, (2) menurut pendapat siswa penerapan metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet dari 12 siswa yang mengikuti pelajaran, jumlah siswa yang sangat senang yaitu 8 siswa atau sebanyak 67%, jumlah siswa yang senang yaitu 4 siswa atau sebanyak 33%, jumlah siswa yang kurang senang dan tidak senang yaitu 0 siswa atau sebanyak 0%, dan jumlah siswa yang tidak senang yaitu 0 siswa atau sebanyak 0% dengan penerapan metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet pada pembelajaran membuat sulam bayangan kelas XI busana butik SMK Muhammadiyah I Imogiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membuat sulam bayangan yang diterapkan pada kerudung dikelas XI busana butik SMK Muhammadiyah I Imogiri.
Kata kunci: Metode Peer Tutoring berbantuan Jobsheet, hasil belajar, sulam bayangan.Nurmaningtias Latifah