Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T01:33:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-15T02:35:37Z2019-01-29T23:32:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20533This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/205332015-06-15T02:35:37ZPENINGKATAN KREATIVITAS MENCIPTA DESAIN BUSANA
DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
BERBASIS STAD (Students Teams Achievement Division )
PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA
DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTAABSTRAK
PENINGKATAN KREATIVITAS MENCIPTA DESAIN BUSANA
DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
BERBASIS STAD (Students Teams Achievement Division )
PADA MATA DIKLAT MENGGAMBAR BUSANA
DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA
Oleh:
Latifa Nur Rahmawati
NIM. 06513241021
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan pendekatan pembelajaran
kooperatif berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran desain
busana, 2) peningkatan kreativitas mencipta desain busana dalam mata pelajaran desain busana
dengan pendekatan kooperatif berbasis STAD (Student Teams Achievement Division).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang
dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek penelitian siswa kelas II busana 3 SMK N
4 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan Oktober-Desember
2010, terdiri dari dua siklus, dengan tahapan: “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”.
Tindakan dilakukan kolaborasi oleh guru pengampu dan peneliti yang bertugas mengamati dan
mencatat setiap perkembangan yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi dan metode penilaian tugas. Pengujian instrumen melalui uji validitas konstruk
yaitu dengan meminta pertimbangan dari para ahli (judgment expert) dan uji reliabilitas hasil
ratings dengan reliabilitas rata-rata rating dari ketiga orang rater rxx=0.924, sedangkan estimasi
rata-rata reliabilitas bagi seorang rater rxx=0.803. Analisis data dilakukan dengan mengukur
kreativitas hasil gambar siswa secara deskriptif yang bersifat eksplanatorik analitik, yaitu dengan
menyajikan dalam bentuk tabel dan prosentase yang selanjutnya dideskripsikan dan diambil
kesimpulan berdasarkan kriteria nilai yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif berbasis STAD dimulai
dengan perencanaan,yaitu:1) mengidentifikasi masalah, 2) mencari penyebab masalah, 3)
memilih masalah yang ada, dan 4) merancang tindakan untuk meningkatkan kreativitas mencipta
desain. Selanjutnya tahap tindakan dan observasi dilaksanakan sesuai rancangan tindakan, yaitu
melaksanakan sistem pembelajaran STAD dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran
dalam siklus-siklus, setiap siklus terdapat 3 pertemuan dengan menerapkan lima komponen
pembelajaran STAD, yaitu: a) penyajian kelas; b) belajar kelompok; c) kuis; d) penghargaan
kelompok; e) menyusun kriteria penilaian sebagai pedoman observasi dalam pembelajaran,
sedangkan tahap refleksi, dilakukan pengamatan dan perbaikan pembelajaran STAD pada siklus
sebelumnya, sehingga pembelajaran STAD pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik.
Dalam pelaksanaan STAD terlihat siswa dapat beradaptasi dan menyenangi sistem STAD serta
adanya peningkatan nilai rata-rata kreativitas setelah diberi tindakan siklus I sebesar 5.19% dari
73.2 menjadi 77.0, setelah tindakan siklus II meningkat 8.31% dari 77.0 menjadi 83.4. Uraian
diatas menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis STAD dapat diterapkan pada mata
diklat menggambar busana dan dapat meningkatkan kreativitas mencipta desain siswa dengan
nilai rata-rata tertinggi pada keterampilan hasil berpikir lancar sedangkan peningkatan terendah
pada keterampilan hasil berpikir orisinil.
Kata Kunci : Kreativitas, Desain busana, Pembelajaran Kooperatif STADNur Rahmawati Latifa