Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:27:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-18T01:14:37Z2019-01-30T06:36:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29835This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/298352016-02-18T01:14:37ZPENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR KEJURUAN KELAS X
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 DEPOKPENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI DASAR KEJURUAN KELAS X
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 2 DEPOK
Oleh :
Latifa Arina Rizqi
NIM 08505241020
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
multimedia interaktif berbasis macromedia flash terhadap hasil belajar siswa
mata pelajaran kompetensi dasar kejuruan pada standar kompetensi
mengidentifikasi ilmu bangunan gedung serta untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK N 2 Depok.
Desain penelitian yang digunakan adalah teknik kuantitatif
menggunakan metode quasi eksperimen dengan bentuk Non- Equivalent Control
Group Design. Variabel dalam penelitian ini yaitu, variabel bebas berupa kelas
kontrol dan kelas eksperimen, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar
siswa. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X teknik gambar
bangunan di SMK N 2 Depok yang berjumlah 64 siswa. Sampel ditentukan
dengan purposive sampling yaitu, 32 siswa sebagai kelompok eksperimen (XB)
dan 32 siswa sebagai kelompok kontrol (XA). Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest.
Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas (menggunakan
teknik analisis chi kuadrat) dan uji homogenitas. Validitas instrument soal tes
dilakukan dengan judgement expert dan uji coba instrument. Reliabilitas
instrument tes dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20) diperoleh harga
r=0,827 yang berarti reliabilitas instrumen sangat tinggi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji-t kelompok terpisah (independent sample test). Uji-t
digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai hasil belajar
pretest kelas kontrol sebesar 47,19 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,75;
sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 49,22 dan nilai
rata-rata posttest sebesar 86,88. Peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar
31,56 dan kelas eksperimen sebesar 37,66. Dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar siswa yang menggunakan multimedia interaktif berbasis macromedia
flash lebih besar dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode
konvensional pada standar kompetensi mengidentifikasi ilmu bangunan gedung
kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok. Analisis hasil tes siswa yang
diuji dengan uji-t dengan perolehan t hitung > t tabel (5,183 > 1,671).
Kata kunci : media pembelajaran, macromedia flash, hasil belajar.Arina Rizqi Latifa