Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:00:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2022-10-03T08:29:41Z2022-10-03T08:29:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74513This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/745132022-10-03T08:29:41ZKINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN KULON PROGOTujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo. Kinerja pegawai dapat dinilai dari beberapa aspek yaitu kualitas, kuantitas, waktu, orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama, dan kepemimpinan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo sebanyak 108 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai dalam aspek kualitas sebesar 79,83% tergolong kategori tinggi, aspek kuantitas sebesar 78,16% tergolong kategori tinggi, aspek waktu sebesar 85,69% tergolong kategori sangat tinggi, aspek orientasi pelayanan sebesar 85,56% tergolong kategori sangat tinggi, aspek integritas sebesar 86,21% tergolong kategori sangat tinggi, aspek komitmen sebesar 85,34% tergolong kategori sangat tinggi, aspek disiplin sebesar 82,47% tergolong kategori sangat tinggi, aspek kerja sama sebesar 72,28% tergolong kategori tinggi, dan aspek kepemimpinan sebesar 67,10% tergolong kategori tinggi. Secara keseluruhan kinerja pegawai sebesar 78,83% dalam kategori tinggi.Lasmiyati Lasmiyati2018-03-21T07:52:19Z2019-10-01T11:29:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56297This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/562972018-03-21T07:52:19ZLAPORAN PRAKTIK LAPANGANPraktik Lapangan Terbimbing di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan selama dua bulan. Penulis mendapatkan kesempatan untuk PLT di seksi ketenagaan sekolah menengah pertama bidang ketenagaan.
Program PLT utama berjudul “Sistem pengelolaan arsip seksi ketenagaan sekolah menengah pertama” dilatarbelakangi oleh arsip surat masuk yang masih belum tertata dengan baik sehingga pegawai kesulitan dalam melakukan pencarian ulang arsip surat masuk. Persiapan program ini adalah dengan melihat arsip surat masuk dan merencanakan penataan ulang asrip. Rencana arsip akan dimasukan dalam map dan ditata di dalam almari. Pelaksanaan dari program ini dimulai dengan pembersihan map yang akan digunakan untuk arsip, pemilahan dan pemilihan arsip inaktif, pembuatan kode arsip, penempelan kode pada map, dan memasukan arsip dalam map. Hasil dari program ini adalah arsip surat masuk dapat tertata dengan baik dan dapat dilakukan pencarian dengan tepat dan cepat.
Selain program utama ada program tambahan. Program tambahan antar lain lomba senam angguk dalam rangka hari ulang tahun Kabupaten Kulon Progo ke 66, upacara peringatan hari sumpah pemuda dan hari pahlawan, dan apel pagi.Lasmiyati Lasmiyati2015-05-08T06:18:43Z2019-05-09T02:01:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18268This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/182682015-05-08T06:18:43ZPengembangan Modul Pembelajaran Geometri Bidang Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Siswa SMP Negeri 1 Pomalaa Sulawesi TenggaraPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika yang layak untuk pembelajaran siswa SMP N 1 Pomalaa kelas VII Sulawesi Tenggara ditinjau dari aspek isi, bahasa dan gambar, penyajian dan kegrafisan, serta mengetahui tingkat pemahaman konsep dan minat siswa antara peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran dengan yang tidak menggunakan modul.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang kemudian diadaptasi dengan melaksanakan tiga tahapan, yaitu pendahuluan, pengembangan dan uji coba. Validasi modul matematika dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru matematika, 1 pengawas matematika dan 1 teman sejawat. Subjek coba pada penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Pomalaa kelas VII sejumlah 31 siswa dengan rincian: 6 siswa untuk uji kelompok kecil, dan 25 siswa untuk uji lapangan. Masukan terhadap modul hasil pengembangan pada tahap uji coba digunakan untuk dasar perbaikan modul. Koofisien reliabilitas minat dan pemahaman konsep berturut-turut adalah 0,770 dan 0,864. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan minat menggunakan kuesioner dan tes. Ketuntasan siswa pada kelas eksperimen sebesar 100% dan kelas kontrol sebesar 73%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran geometri untuk kelas VII SMP dari: 1) aspek kelayakan isi menurut ahli materi, guru matematika dan pengawas matematika berkategori “baik”. 2) aspek kelayakan bahasa dan gambar menurut ahli materi, guru matematika dan pengawas matematika berkategori”sangat baik”. 3) aspek penyajian menurut ahli media, guru matematika dan teman sejawat berkategori”sangat baik”. 4) aspek kegrafisan menurut ahli media, guru matematika dan teman sejawat berkategori”baik”. 5) pembelajaran matematika menggunakan modul lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunkaan modul. Respon siswa terhadap modul pembelajaran geometri termasuk dalam kategori “baik”. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep sebesar 0,012 dan minat peserta didik sebesar 0,003 yang menggunakan modul pembelajaran matematika dengan yang tidak.Lasmiyati Lasmiyati