Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:47:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-27T00:29:19Z2019-01-30T03:05:32Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25572This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/255722015-08-27T00:29:19ZHubungan Persepsi Siswa tentang Cara Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 GampingLatar belakang dilaksanakannya penelitian ini karena masih adanya persepsi siswa yang negatif mengenai cara mengajar guru dan rendahnya prestasi belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost-facto. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping sebanyak 206 siswa. Jumlah sampel sebanyak 134 siswa diambil dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%, dengan teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping, ditunjukkan dengan r_hitung lebih besar dari r_tabel (0,453>0,159). Koefisien Determinasi 〖(r〗_xy^2) yang dihasilkan sebesar 0,205 yang berarti Sumbangan Efektif variabel persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap prestasi belajar IPS sebesar 20,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainyang tidak diteliti.
Kata kunci: persepsi siswa, cara mengajar guru dan prestasi belajar IPS.Dyah Larasati