Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:57:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-07T01:38:33Z2019-01-30T12:05:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44256This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/442562016-12-07T01:38:33ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI
STRATEGI HEURISTIK POLYA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK PGRI 1 SENTOLOPenelitian ini bertujuan untuk meengetahui efektivitas pembelajaran
matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan saintifik ditinjau
dari kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa SMK
PGRI 1 Sentolo.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain One-Group Pretest
Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 1
Sentolo. Dari tiga kelas yang ada, secara acak dipilih satu kelas sebagai sampel
penelitian yaitu kelas X AK 1 yang terdiri dari 26 siswa dan diberikan perlakuan
pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan
saintifik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes
kemampuan berpikir kreatif matematis, angket kemandirian belajar siswa, serta
lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran di kelas.
Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli dengan hasil layak
digunakan dengan revisi. Pada penelitian ini, pembelajaran matematika melalui
strategi heuristik Polya dengan pendekatan saintifik dikatakan efektif ditinjau dari
kemampuan berpikir kreatif matematis apabila nilai posttest lebih besar dari nilai
pretest, dan terdapat lebih dari 75% siswa mencapai skor minimal 75. Sedangkan
apabila ditinjau dari kemandirian belajar siswa, pembelajaran dikatakan efektif
jika skor angket akhir lebih dari skor angket awal dan terdapat lebih dari 75%
siswa yang mencapai kategori Baik. Untuk mengetahui efektif atau tidaknya
pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan
saintifik ditinjau dari masing-masing variabel terikat, data dianalisis secara
dengan analisis one sample t-test dan uji proporsi z.
Hasil analisis data menggunakan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa: (1)
pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan
saintifik efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2)
pembelajaran matematika melalui strategi heuristik Polya dengan pendekatan
saintifik efektif ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMK PGRI 1 Sentolo.
Kata kunci: strategi heuristik Polya, saintifik, kemampuan berpikir kreatif
matematis, kemandirian belajar siswaAgusti Eka Dyah LarasatiWidjajanti Djamilah Bondandj_bondan@yahoo.com