Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:10:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-05T06:22:32Z2019-10-01T12:02:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38941This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/389412016-08-05T06:22:32ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
LOKASI: MAN GODEAN
2014/ 2015Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester
khusus tahun 2014 yang berlokasi di MAN Godean telah dilaksanakan oleh mahasiswa
pada tanggal 1 Juli - 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 10
mahasiswa dari 4 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika,
Pendidikan Teknik Busana dan Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi.
Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar
memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan
lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga pendidik
yang profesional yang memiliki kompetensi pedadogik, kepribadian, sosial,
pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan yang telah dilaksanakan
meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan
lainnya yang diselenggarakan di sekolah.
Penempatan mahasiswa KKN-PPL di MAN Godean diharapkan mampu
memahami peranan tenaga pendidik dan mampu menjalankan kewajiban sebagai tenaga
pendidik secara tanggung jawab. sebelum diterjunkan sebagai tenaga pendidik
sementara, para praktikan harus melewati beberapa tahap agar pelaksanaan kegiatan
KKN-PPL dapat berjalan dengan lancar. Tahapan-tahapan yang dimaksud yaitu: 1)
Pengajaran Mikro, 2) Observasi Sekolah dan Kelas, dan 3) Pembekalan KKN-PPL.
Praktik mengajar dimulai dari tanggal 25 Agustus sampai dengan 5 September
2014, dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan di kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3.
Kompetensi dasar yang diajarkan adalah kompetensi dasar 1.1 dan 1.2 yaitu Pengaruh
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di
Berbagai Daerah di Indonesia dan Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negaranegara
Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya
bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik
mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar
mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari
dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan
kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.Laode Muhamad K M Laode Muhamad K M