Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:08:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-25T08:24:52Z2019-01-30T11:29:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42771This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/427712016-10-25T08:24:52ZPROSES SOSIALISASI SISWA YANG DITOLAK (REJECTED CHILDREN) PADA KELAS IV SD NEGERI 5 WATESProses sosialisasi merupakan bagian dari perkembangan sosial anak. Proses sosialisasi terdiri dari tiga proses yaitu belajar berperilaku yang dapat diterima secara sosial, memerankan peran sosial yang diterima dan perkembangan sikap sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses sosialisasi siswa yang ditolak (rejected children) pada kelas IV SD Negeri 5 Wates.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dua orang siswi berusia 10 tahun dan seorang siswa berusia 11 tahun yang berdasarkan hasil sosiometri dan wawancara siswa tersebut ditolak oleh teman
sebaya di kelas IV SD Negeri 5 Wates. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwaproses sosialisasi siswa yang ditolak(rejected children)berbeda dengan siswa pada umumnya. Pada proses belajar berperilaku yang dapat diterima secara sosial, siswa yang ditolakmenunjukan perilaku mengganggu teman, tidak ramah, berperilaku
sederhana, tidak dapat menjaga kebersihan diri, melanggar aturan, tidak jujur, sopan dan tidak dapat menahan amarah. Pada proses memerankan peran sosial yang dapat diterima, siswa yang ditolak menunjukan perilaku menjalankan tugas
piket dengan tertib, tidak berpartisipasi secara aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, mengikuti pelajaran dengan tertib, menaati perintah guru, membantu orang tua di rumah dan menaati perintah orang tua. Pada proses perkembangan sikap sosial, siswa yang ditolak menunjukan perilaku membantu teman yang membutuhkan dan dapat menerima perbedaan pendapat dengan teman.
Kata kunci: Proses Sosialisasi, Siswa yang Ditolak (Rejected Children)Dedi Laksono