Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:23:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-12T03:50:51Z2019-10-01T11:49:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36107This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/361072016-07-12T03:50:51ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015
LOKASI SMA N 1 NGAGLIK
Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, SlemanKegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri
Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus merupakan mata kuliah
lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL
menjadi kesempatan bagi mahasiswa sebagai calon pendidik untuk mendapatkan
pengalaman mengajar di sekolah baik mendidik, pemenuhan administrasi guru,
maupun kegiatan lain yang dilaksanakan oleh guru di sekolah. Mahasiswa
mengajarkan materi yang diperoleh selama perkuliahan ke sekolah.
Penulis melaksanakan PPL selama 5 minggu sejak 10 Agustus 2015
hingga 12 September 2015 di SMA N 1 Ngaglik. SMA 1 Ngaglik berlokasi di
Dusun Kayunan, Kelurahan Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.
Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan
kegiatan non mengajar di kelas.
Kegiatan persiapan meliputi praktik mikro, pembekalan, kegiatan
observasi di sekolah dan pembuatan matriks program PPL. Praktek mengajar
diawali dengan pemenuhan administrasi guru meliputi tugas jaga guru,
pemenuhan standar proses, dan standar penilaian. Kegiatan pembelajaran dengan
mengajar di dalam kelas secara mandiri terbimbing dan team teaching. Kegiatan
non mengajar meliputi pendampingan ekstrakurikuler pramuka dan pendampingan
praktikum biologi. Kegiatan lain yang telah terlaksana antara lain pemenuhan
kelengkapan tata usaha sekolah, pendampingan kegiatan siswa di luar sekolah,
kegiatan membantu guru pembimbing, penulisan laporan PPL, pelepasan
mahasiswa PPL, dan evaluasi.
SMA Negeri 1 Ngaglik menerapkan Kurikulum 2006 (KTSP) sehingga
penulisan standar proses dan standar penilaian untuk mengajar berdasarkan
kurikulum dan standar yang digunakan oleh sekolah. Penulis melaksanakan
kegiatan mengajar untuk kelas XI IPA 1 sebanyak 1 kali, XI IPA 2 sebanyak 2
kali, dan XI IPA 3 sebanyak 10 kali (8 kali pembelajaran, 1 kali ulangan harian,
serta 1 kali program remidi dan pengayaan). Penulis mengajar materi KD 2.1
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Kegiatan mengajar secara terbimbing
dengan didampingi guru pembimbing. Selain mengajar secara individu, Penulis
juga melaksanakan pengajaran secara Team teaching dengan teman sejawat untuk
kelas XD dan XF materi ruang lingkup biologi dan virus.
Pendekatan Pembelajaran yang Penulis gunakan adalah Pendekatan
Induktif. Model Pembelajaran yaitu metode inkuiri dan metode kooperatif STAD.
Metode Pembelajaran beragam yaitu pengamatan gambar, pengamatan video,
diskusi, dan tanya-jawab. Pembelajaran dapat terlaksana, namun dengan beberapa
hambatan. Hambatan pada karakter belajar siswa yang cenderung lambat sehingga
membutuhkan waktu yang lebih lama, kurangnya kesadaran belajar biologi, serta
tanggungjawab dan kedisipilan yang rendah terutama dalam pengumpulan tugas.
Kegiatan PPL yang dapat terlaksana ini diharapkan dapat tercipta tenaga
pendidik yang professional dan berkualitas serta dapat mempererat hubungan
antara UNY dengan sekolah lokasi.Lailul Hidayah Nursarah Lailul Hidayah Nursarah