Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:53:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-09T06:31:11Z2019-10-01T11:36:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49669This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/496692017-06-09T06:31:11ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan dari semua jurusan sebagai penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di MAN Yogyakarta II dari tanggal 18 Juli 2016 – 15 September 2016. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggungjawab untuk mengampu 1 kelas yaitu kelas X IPS 2. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di MAN Yogyakarta II. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Minggu Efektif, Prosem, Prota, Silabus, RPP); (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran.
Serangkaian program kerja PPL MAN Yogyakarta II telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar.LULUK DWI RUKMANA ULFA LULUK DWI RUKMANA ULFA