Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:30:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-01T06:37:24Z2019-10-01T11:49:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35997This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/359972016-07-01T06:37:24ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 PAKEMUniversitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu institusi pendidikan
selalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan serta
menghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan
yang profesional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan
bekal kepada mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah praktik antara lain Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuan utama dari kegiatan PPL bertujuan untuk
memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang bagaimana proses
pembelajaran disekolah, dalam rangka belajar dan mengembangkan kompetensi
keguruan maupun kependidikan yang dimiliki.
Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 1 Pakem. Praktikan
mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian. Persiapan yang
dilakukan sebelum Praktik Pengalama Lapangan (PPL) yakni pengajaran mikro,
pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas, dan pembuatan persiapan
mengajar. Kegiatan PPL dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12
September 2015 yang terdapat beberapa kegiatan atau program Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) yakni penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas, menyusun program tahunan dan
programm semester, menganalisis butir soal, mempelajari administrasi guru,
bimbingan dengan guru pembimbing lapangan dan dosen pembimbing lapangan,
serta penyusunan dan pelaksanaan evaluasi PPL. Pelaksaan mengajar di kelas
dimulai tanggal 18 Agustus 2015 sampai dengan 10 September 2015, sesuai
kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing geografi di SMA Negeri 1 Pakem.
Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh para
praktikan dalam hal mengajar. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru
yang baik serta dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat
mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan
kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal. Selain itu, diharapkan
agar mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman
faktual yang diperoleh dari kegiatan ini baik dalam hal pengembangan metode
pembelajaran dan variasi media pembelajaran dalam proses belajar mengajar
sesuai dengan kurikulum.LILA NUNZILIL FURQONATI LILA NUNZILIL FURQONATI