Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:21:28ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-12T01:25:38Z2019-10-01T11:36:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45729This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/457292017-01-12T01:25:38ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)PERIODE 15 JULI - 15
SEPTEMBER 2015
SMP NEGERI 1 PAKEMPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang memiliki
tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktekkan teoriteori
yang telah mereka pelajari selama proses perkuliahan dalam kegiatan lapangan.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) juga merupakan strategi untuk melengkapi
kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik. Melalui PPL mahasiswa dapat
mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga dapat belajar dari
lapangan. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses
kegiatan belajar mengajar, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun
kedalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan
kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tentang
kegiatan operasional di sekolah sehingga mereka dapat mengabdikan diri bagi sekolah.
Mereka juga dapat memiliki bekal keterampilan yang lebih di dalam dunia pendidikan
sehingga mereka siap saat akan terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya
nantinya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 15 Juli 2016
sampai 15 September 2016 di SMP Negeri 1 Pakem sangatlah bermanfaat bagi kedua
belah pihak.
Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan RPP,
dan pembuatan media pembelajaran serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di
sekolah .Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setiap hari Rabu (Jam ke-2 dan 3)
dan Kamis (Jam ke-5dan 6 ) di kelas VIII B mengajar pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial dengan materi dari Bab 1 (satu) sampai Bab ke-4 (empat) standar kompetensi
memahami permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk..
Pengajaran dilakukan dengan cara Mengajar Terbimbing.LENDI TRI WIJAYA LENDI TRI WIJAYA