Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:22:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-05-13T01:12:47Z2019-01-29T22:18:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18553This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/185532015-05-13T01:12:47ZPEMAHAMAN GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK)
TERHADAP AKTIVITAS JASMANI BAGI SISWA TK
SE KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN
TAHUN 2014Pendidikan merupakan proses belajar mengajar yang dapat menghasilkan
perubahan tingkah laku yang diharapkan. Salah satu pendidikan yang diajarkan
kepada siswa adalah pedidikan jasmani. Tujuan umum pendidikan jasmani pada
jenjang pendidikan TK pada prinsipnya adalah membantu siswa untuk
memperbaiki derajat kesehatan dan kesegaran jasmani. Akan tetapi, latar belakang
pendidikan jasmani TK di Kecamatan Karanganom belum seluruhnya memenuhi
standar pendidik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemahaman guru TK se
Kecamatan Karanganom terhadap aktivitas jasmani bagi siswa TK, yang meliputi
kemampuan guru mengidentifikasi jenis aktivitas jasmani yang dilakukan oleh
siswa TK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di TK
Se Kecamatan Karanganom. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli-
November 2014. Subjek utama penelitian ini adalah guru TK Se Kecamatan
Karanganom yang berjumlah 19 guru TK. Data yang dikumpulkan dalam
penelitian ini berasal dari data hasil wawancara dan data observasi terkait dengan
pembelajaran aktivitas jasmani pada taman kanak-kanak se Kecamatan
Karanganom. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan oleh satu orang
Judgement yaitu Bapak Wawan S Suherman, Prof. Dr. M.Ed. Teknik analisis data
yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman guru TK Se-
Kecamatan Karanganom terhadap aktivitas jasmani bagi siswa TK ditunjukkan
dengan (a) kemampuan guru mengidentifikasi jenis aktivitas jasmani yang
dilakukan oleh siswa TK; (b) kemampuan guru memahami konsep aktivitas
jasmani dan karakteristik peserta didik; dan (c) kemampuan guru menerapkan
aktivitas jasmani dalam Program Belajar Mengajar (PBM); (2) Seluruh guru dapat
mengidentifikasi aktivitas jasmani ke dalam kemampuan motorik halus dan
kemampuan motorik kasarKun Nasyiatul Kun Nasyiatul Sholikhah