Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:59:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-08T07:17:32Z2019-10-01T12:01:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39138This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/391382016-08-08T07:17:32ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMANKegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan
oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan
kependidikan yang diperoleh di kampus dan berusaha mengembangkan inovasi
pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini
diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan
pembelajaran dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman
lapangan ini diantaranya untuk melatih para mahasiswa calon guru sehingga bisa
menjadi guru yang profesional di bidangnya.
Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 1
Depok Sleman meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik
persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksanakan pada
tanggal 06 Agustus 2014. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar
mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini
praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Prancis kelas X-Mia 2, XII IPA 3 dan XII
IPA 4 tahun pelajaran 2014/2015. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan
agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan
kegiatan di luar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi piket di ruang Tata Usaha,
Bimbingan Konseling, piket guru serta Perpustakaan.
Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 16 kali pertemuan, maka
didapatkan hasil bahwa siswa SMA N 1 Depok Sleman rata-rata mempunyai rasa
ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam pembelajaran.
Siswa juga bisa berperan aktif dalam setiap pembelajaran, seperti mampu mengutarakan
pendapatnya sendiri terkait dengan pembelajaran, bisa berdiskusi dengan baik, dan lain
sebagainya. Dalam rangka mewujudkan output yang baik dari segi IQ, EQ, dan SQ,
pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara
profesional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar
personal, s a l i n g m en g h a r g a i , melengkapi sarana dan prasarana dan tertib
administrasi.Kristin Natalia Situmorang Kristin Natalia Situmorang