Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:51:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-13T08:14:24Z2019-01-30T01:49:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24809This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/248092015-08-13T08:14:24Z“Strategi Komunikasi Kerabat Kotak Jogja” dalam usaha Memperoleh
Anggota BaruManusia sebagai makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dengan interaksi
sosial, interaksi ini dapat terjadi apabila terdapat kontak dan komunikasi
Penelitian ini menjelaskan mengenai akibat dari komunikasi yang terjadi yaitu
bertambahnya anggota pada Kerabat Kotak Jogja, pengurus Kerabat Kotak Jogja
ini telah menerapkan suatu strategi komunikasi dalam usaha memperoleh anggota
baru di wilayah Jogja yang notabene masih sangat kental dengan budaya lokal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi dan penghambat
pada Kerabat Kotak Yogyakarta dalam usaha memperoleh anggota baru,
Penelitian mengenai “Strategi Komunikasi pada Kerabat Kotak Jogja”
dalam usaha Memperoleh Anggota Baru ini menggunakan metode kualitatif
deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu
pengurus Kerabat Kotak Jogja serta anggota-anggota yang sedikit banyak
mengetahui tentang Kerabat Kotak Jogja. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Validitas data pada
penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, sedangkan untuk menganalisis
data menggunakan empat hal utama yaitu: pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kerabat Kotak Jogja dalam proses
komunikasinya untuk memperoleh anggota baru sudah memiliki strategi
komunikasi hal ini dibuktikan dengan adanya pemanfaatan secara maksimal
jejaring sosial, dengan penggunaan identitas komunitas atau atribut komunitas,
dan dengan obrolan-obrolan dari satu orang ke orang lainnya. Komunikasi yang
terjadi di Kerabat Kotak Jogja adalah komunikasi antara anggota dan anggota,
pengurus dan anggota, serta komunitas dan masyarakat. Anggota Kerabat Kotak
Jogja tidak memiliki kewajiban secara tertulis untuk membantu proses promosi
akan tetapi secara tidak disadari dengan memakai atribut Kerabat Kotak Jogja
sudah sedikit banyak membantu proses usaha memperoleh anggota baru.
Humaslah yang memiliki kewajiban untuk promosi, melalui media jejaring sosial
dan melalui obrolan-obrolan dengan orang lain. Hambatan dalam penelitian ini
adalah tidak adanya basecamp tetap Kerabat Kotak Jogja sehingga menyulitkan
proses recruitment anggota baru karena tempat berkumpul sering berpindahpindah
serta hambatan yang datang dari masyarakat adalah masih adanya
tanggapan negatif tentang fansclub band yang mengusung musik rock.
Kata Kunci : strategi komunikasi, komunikasi, komunitas, memperoleh
anggotaYashinta Krisna Isdi Prawestri