Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:05:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-15T07:43:24Z2019-01-30T03:57:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26950This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/269502015-10-15T07:43:24ZPOLA PEMBINAAN DI PANTI ASUHAN RUMAH YATIM ARRAHMAN
SLEMAN YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pelaksanaan
pelayanan melalui pembinaan di Panti Asuhan Rumah Yatim Arrahman; (2) pola
pembinaan di Panti Asuhan Rumah Yatim Arrahman; (3) faktor pendukung dan
penghambat pembinaan di Panti Asuhan Rumah Yatim Arrahman; (4) dampak
pembinaan di Panti Asuhan Rumah Yatim Arrahman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian
pengelola, pengasuh, dan anak asuh di Rumah Yatim Arrahman. Teknik
pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan
dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan
menggunakan sumber.
Hasil penelitian ini menunjukan: (1) proses pelaksanaan pembinaan
meliputi perencanaan, pelaksanaan pembinaan spiritual dan keterampilan serta
evaluasi. (a) Perencanaan meliputi rekrutmen anak asuh, menentukan jadwal,
materi, metode, dan media yang digunakan. (b) Pembinaan spiritual meliputi
pembelajaran diniyah, taklim dan tahsin untuk meningkatkan spiritual dan akhlak
anak asuh. Pelaksanaan meliputi persiapan; materi disampaikan dengan bahasa
sederhana; metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, dan
praktek. Pelaksanaan pembinaan keterampilan meliputi persiapan; metode yang
digunakan yaitu ceramah, diskusi dan praktek serta evaluasi dilakukan melalui
praktek. (2) pola pembinaan dilakukan secara rutin dan insidental dalam bentuk
pembinaan kepribadian dan kemandirian. Pembinaan kepribadian meliputi
pembinaan spiritual, kesehatan, dan bimbingan psikologi. Pembinaan kemandirian
meliputi pembinaan bakat, bimbingan belajar, memasak dan keterampilan
handycraft; (3) faktor pendukung yaitu minat anak asuh untuk dikembangkan
serta hubungan yang baik antara pengasuh dan anak asuh; faktor penghambat
yaitu kurangnya tenaga pengasuh dan anggaran dalam mendukung kegiatan
pembinaan. (4) dampak pembinaan yaitu perubahan kondisi spiritual dan
peningkatan prestasi akademik serta keterampilan.
Kata kunci: pola pembinaan, panti asuhan, anak asuhKinasih Kinasih Novarisa