Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:09:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-15T04:49:44Z2019-01-29T12:02:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44748This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/447482016-12-15T04:49:44ZPengembangan Bahan Ajar IPS Kelas IV MI Terintegrasi dengan Nilai Akidah, Syariah dan AkhlakPenelitian ini bertujuan menyusun bahan ajar IPS kelas IV MI yang terintegrasi dengan nilai akidah, syariah dan akhlak serta menguji kelayakan bahan ajar yang dikembangkan mengenai aspek isi dan desain bahan ajar.
Model penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Recearch and Development (R&D) untuk mengembangkan bahan ajar IPS kelas IV MI terintegrasi dengan nilai akidah, syariah dan akhlak, dengan model pengembangan Borg and Gall terdiri atas tiga tahapan: (1) perencanaan pengembangan bahan ajar, (2) menulis bahan ajar IPS teritegrasi dengan nilai akidah, syariah dan akhlak (3) review dan uji coba produk. Validasi kelayakan dilakukan secara bertahap, tahap (1) validasi ahli materi dan ahli media, tahap (2) validasi terhadap respon guru IPS MI, tahap (3) uji coba lapangan awal, tahap (4) uji coba lapangan utama, tahap (5) uji coba lapangan operasional. Alat pengumpul datanya berupa angket, dengan skala likert untuk mengungkap kelayakan bahan ajar dari aspek isi dan desain bahan ajar.
Hasil penelitian berupa sebuah bahan ajar IPS kelas IV MI terintegrasi dengan nilai akidah, syariah dan akhlak yang layak digunakan sebagai salah satu acuan pembelajaran IPS. Kelayakan bahan ajar ditunjukkan dengan skor uji kelayakan produk yang dikembangkan dengan menggunakan skala likert (1-5) termasuk kategori baik. Dari aspek isi memperoleh skor rata-rata: 4.13 sedangkan dari aspek desain memperoleh skor rata-rata: 4.23. Berdasarkan skor dari kedua aspek, maka pengembangan bahan ajar yang disusun dapat dikatakan baik dengan skor rata-rata: 4.18.Ihda A’yunil Khotimah