Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:30:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-08T05:58:17Z2019-10-01T11:36:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46958This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/469582017-02-08T05:58:17ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016
DI SD NEGERI SINDUADI 2
Kutu Patran, Sinduadi, Mlati, SlemanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib
dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan pendidikan yang telah menyelesaikan
semester 6 dan telah lulus dari kegiatan mikro teaching. Kegiatan PPL dilaksanakan
pada semester khusus selama kurang lebih 2 bulan setiap hari senin sampai jumat
siang di sekolah yang telah ditentukan oleh pihak LPPMP. Kegiatan PPL bertujuan
untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, serta
memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan
menghayati permasalahan lembaga pendidikan yang terkait.
Dalam pelaksanaannya, terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan dari
jurusan dan diadakan observasi lokasi. Pembekalan dilaksanakan pada tanggal 20
Juni 2016 sedangkan observasi dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi.
Dari hasil observasi yang lakukan sebelum pelaksanaan PPL dimulai. Program yang
kami rencanakan ada dua, yaitu: program mengajar dan non mengajar . Program PPL
Mengajar antara lain Pembuatan RPP, konsultasi RPP, Pembuatan Media
Pembelajaran, Mengajar kelas/ jam kosong. Program Non mengajar antara lain
Pramuka, Revitalisasi Taman, Menghias Sekolah untuk Memperingati HUT
Republik Indonesia, Revitalisasi Lapangan, Pembuatan Poster Edukasi, Kerja Bakti
dan Kegiatan Lain yang Menunjang KBM. Dari program PPL ini praktikan dapat
mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan
kegiatan persekolah lainnya yang sangat berguna untuk mengembangkan dirinya
sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap dan
pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan.
Melihat program pelaksanaan PPL Program yang direncanakan semua
terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama yang baik antara anggota kelompok
maupun pihak-pihak lain yang terkait. Selain itu PPL sangat bermanfaat dalam
memberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa sekaligus sebagai penyesuaian
sebelum terjun ke sekolah dan melakukan tugasnya secara nyata. Meskipun ada
hambatan pada kelompok kami, tetapi hambatan yang ada bukanlah penghalang
melainkan konsekuensi dari sebuah usaha dan semua hambatan yang ditemukan
dapat diatasi. Akhir kata, dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa diharapkan
banyak mendapat pengalaman dan keterampilan dari berbagai pihak serta
mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.Khoirur Rofi Uddin Khoirur Rofi Uddin