Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:39:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-30T00:19:02Z2019-01-30T01:28:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23986This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/239862015-07-30T00:19:02ZPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT
TERHADAP DAYA TARIK DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA
KELAS VII SMP NEGERI DI SEWON BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan media
pembelajaran power point terhadap daya tarik belajar PKn siswa kelas VII SMP
Negeri di Sewon Bantul. 2) Pengaruh penggunaan media pembelajaran power
point terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas VII SMP Negeri di Sewon Bantul.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain penelitian randomized pretest-posttest control group design. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri di Sewon Bantul antara lain SMP
Negeri 1 Sewon Bantul, SMP Negeri 2 Sewon Bantul, SMP Negeri 3 Sewon
Bantul dan SMP Negeri 4 Sewon Bantul. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji
persyaratan analisis, yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji
hipotesis dengan menggunakan teknik analisis data uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) Ada pengaruh
penggunaan media pembelajaran power point terhadap daya tarik siswa kelas VII
dalam pembelajaran PKn antara kelas yang dalam pembelajarannya menggunakan
media pembelajaran power point dengan kelas yang dalam pembelajarannya tanpa
menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung
lebih besar dari pada ttabel (thitung: 5,836 > ttabel: 1,980), dan nilai signifikansi
sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). 2) Ada
pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap prestasi belajar
siswa kelas VII dalam pembelajaran PKn antara kelas yang dalam
pembelajarannya menggunakan media pembelajaran power point dengan kelas
yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan media pembelajaran power
point. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung: 6,330>
ttabel: 1,980), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf
signifikansi 5% (0,000<0,05).
Kata Kunci: Media pembelajaran, Power PointMutiara Khoirumattin