Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:29:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-24T02:02:55Z2019-01-30T05:38:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28438This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/284382015-11-24T02:02:55ZKEEFEKTIFAN STRATEGI GAMBAR DAN GAMBAR
BERBANTUAN MEDIA FOTO SERIAL
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN
PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 PIYUNGAN BANTUL DIYPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang
signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan
strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dan siswa yang
mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Gambar dan Gambar
berbantuan media foto serial dalam menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Piyungan. Selain itu, juga bertujuan untuk membuktikan keefektifan
strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dalam pembelajaran
menulis teks cerpen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi
eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control
group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang
berupa strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dan variabel
terikat yang berupa kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan. Pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian,
ditetapkan kelas VII G sebagai kelas kontrol dan kelas VII H sebagai kelas
eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes
menulis cerpen. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil uji normalitas
menunjukan data penelitian berdistribusi normal.
Hasil uji-t pada posttest menunjukkan t hitung adalah 2,177 dengan Db
sebesar 51, diperoleh nilai p sebesar 0,034. Nilai p lebih kecil dari 5% (p< 0,05).
Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara
kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan
menggunakan strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial dan
kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen tanpa
menggunakan strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial.
Kenaikan nilai rata-rata pretest ke posttest kelompok eksperimen sebesar 7,3.
Kelompok kontrol sebesar 2,89. Kenaikan nilai rata-rata kelompok eksperimen
lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian menunjukkan
bahwa strategi Gambar dan Gambar berbantuan media foto serial lebih efektif
digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMPN 1
Piyungan.Muhammad Khoirul Basrowi