Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:26:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-17T03:08:17Z2022-06-23T07:05:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13085This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/130852015-03-17T03:08:17ZPengembangan Model Penilaian Keterampilan Intrapribadi dan Antarpribadi dalam Pendidikan Karakter di Sekolah DasarPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kelemahan model penilaian pendidikan karakter di Sekolah Dasar; (2) mengembangkan model penilaian keterampilan intrapribadi dan antarpribadi dalam pendidikan karakter di Sekolah Dasar (P-KIA-SD) yang valid, reliabel, dan memenuhi kriteria goodness of fit statistic; dan (3) mengembangkan panduan P-KIA-SD yang komprehensif.
Penelitian ini menggunakan model research and development dari Plomp dengan lima fase, yaitu: investigasi, desain, realisasi, tes, dan implementasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD di DIY. Subyek uji tahap pertama yaitu 54 siswa dari 2 SD, dan tahap kedua yaitu 464 dari 15 SD. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, observasi, dan FGD. Analisis data menggunakan: analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif, uji validitas dengan formula Aiken’s V, uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha, uji validitas dan reliabilitas konstruk serta uji kecocokan model dengan EFA dan CFA.
Simpulan penelitian ini yaitu: (1) Model penilaian untuk mendeteksi capaian pendidikan karakter di Sekolah Dasar adalah model evaluasi perilaku dan model monitoring akhlak siswa berbasis pelajaran Agama; (2) Kelemahan kedua model penilaian tersebut antara lain: penilaiannya bersifat mekanik, tidak komprehensif, belum menilai aspek kepribadian, dan tidak melibatkan siswa dalam penilaian; (3) Konstruk model P-KIA-SD terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaiannya komprehensif, dan instrumennya berbentuk projective test, rating scale, dan cek list. Skala penilaiannya melalui kasus dilema moral,grading skills, dan performance assessment; (4) Instrumen model P-KIA-SD telah memenuhi validitas isi, dan reliabilitas; (5) Model P-KIA-SD dinyatakan valid dan reliabel, dan memenuhi kriteria dalam pengujian kecocokan model (goodness of fit statistics); (6) Prosedur model P-KIA-SD diawali dengan menjumlahkan semua hasil penilaian self report siswa pada aspek penalaran, dan aspek perasaan moral, sedangkan hasil penilaian guru pada aspek perilaku moral. Hasilnya dinyatakan dalam kategori siswa yang perlu pembinaan dan pengayaan; dan (7) Panduan model P-KIA-SD dinilai komprehenshif, mudah, dan praktis oleh para guru selaku pengguna. Panduan model P-KIA-SD dapat dipakai untuk mendeteksi capaian keterampilan intrapribadi dan antarpribadi dalam pendidikan karakter siswa di Sekolah Dasar.Akif Khilmiyah