Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:24:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-20T04:59:13Z2019-01-30T04:27:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27231This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/272312015-10-20T04:59:13ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV B SD NEGERI NGOTO SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat minat membaca siswa kelas IV B SD N Ngoto Sewon, Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri Ngoto yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal pendukung minat membaca siswa kelas IV B SD N Ngoto adalah kebutuhan terhadap bacaan, tindakan untuk mencari bacaan, rasa senang terhadap bacaan, keinginan untuk selalu membaca, menindaklanjuti dari yang dibaca, kesiapan membaca, serta tujuan dan manfaat membaca. Faktor eksternal pendukung minat baca siswa kelas IV B adalah cara mengajar guru, lingkungan sekolah, akses informasi, teknologi, dan pola asuh orang tua. Faktor internal penghambat minat membaca siswa kelas IV B yaitu kemampuan membaca siswa. Sedangkan faktor eksternal penghambat minat membaca siswa kelas IV B adalah faktor ekonomi, lingkungan sekolah/fasilitas (tidak memiliki kartu pinjam perpustakaan, terbitan majalah dinding kurang terorganisir, penataan buku perpustakaan kurang terorganisir, pelayanan perpustakaan kurang memuaskan, dan ruang perpustakaan yang jauh dibandingkan ruangan lain), cara mengajar guru (kurangnya pembelajaran di luar kelas), teknologi (hiburan televisi dan game di gadget lebih menarik) dan adanya ketertarikan untuk bermain yang lebih besar.
Kata kunci: faktor yang mempengaruhi, minat membaca, siswa kelas IVRofiqul Khasanah