Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:12:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-23T04:42:46Z2019-01-29T19:15:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13630This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/136302015-03-23T04:42:46ZIDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMA NEGERI PLERETMasalah dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di SMA N Pleret. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dilihat dari aspek pedagogik. Secara khusus aspek pedagogik yang ditinjau antara lain dari persiapan pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, sarana dan prasarana, dan alokasi waktu.
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah SMAN N Pleret, Bantul, Yogyakarta. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru pendidikan jasmani, dan perwakilan siswa masing-masing jenjang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar wawancara. Adapun metode analilis data menggunakan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani
dilihat dari aspek pedagogik belum berjalan optimal di karenakan beberapa masalah meliputi, : (1) kurikulum yang belum sesuai dengan pelaksanaannya, (2) persiapan pembelajaran yang kurang matang, (3) proses pembelajaran yang belum sesuai dengan kompetensi di silabus, (4) evaluasi pembelajaran yang kurang menyeluruh, (5) sarana dan prasarana yang belum sesuai dengan jumlah siswa yang ada dan penggunaannya sendiri, (6) alokasi waktu belum maksimal.Wibisono Kharisma Wibisono