Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:42:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-07T07:27:51Z2019-01-29T20:25:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15581This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/155812015-04-07T07:27:51ZPERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA PEGAWAI TATA USAHA
SMK NEGERI 1 YOGYAKARTAPERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA PEGAWAI TATA USAHA
SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA
Oleh:
Noorma Putri Kharisma
10402241020
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kinerja
pegawai Tata Usaha SMK Negeri 1 Yogyakarta. Kinerja tersebut meliputi
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi teknis mengenai
pelayanan kepada siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang diambil meliputi
data mengenai kompetensi kepribadian yang mencakup pengendalian diri,
fleksibilitas, ketelitian dan kedisiplinan, serta tanggung jawab. Mengenai
kompetensi sosial mencakup kerja sama, pelayanan prima, dan berkomunikasi
efektif. Mengenai kompetensi teknis mencakup kehumasan, persuratan,
kesiswaan, layanan khusus, dan penerapan Teknilogi Informasi dan Komunikasi
dalam melaksanakan tugas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
SMK Negeri 1 Yogyakarta yang berjumlah 608 siswa dengan sampel sebesar 221
siswa yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode yang
digunakan dalam mengumpulkan data yakni angket dan dokumentasi. Angket
yang digunakan telah melalui pertimbangan ahli (Expert Judgement) yaitu oleh
Kepala Tata Usaha SMK Negeri 1 Yogyakarta. Ujicoba instrumen dilaksanakan
pada 30 siswa kelas X AP1 SMK Negeri 1 Yogyakarta. Uji validitas
menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kinerja pegawai
tata usaha yang meliputi aspek-aspek yang diteliti, yaitu: 1) kompetensi
kepribadian tergolong dalam kategori kurang (41,6%), 2) kompetensi sosial
tergolong dalam kategori kurang (44,8%), 3) kompetensi teknis tergolong dalam
kategori kurang (40,3%).Putri Kharisma Noorma Putri