Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:35:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-13T01:29:14Z2019-05-09T03:02:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26824This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/268242015-10-13T01:29:14ZKeefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPPenelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) keefektifan pendekatan Problem-Based Learning (PBL), (2) keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan (3) pembelajaran yang lebih efektif diantara pendekatan PBL dan pendekatan CTL ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest non equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas secara acak yaitu kelas VIII-A yang diterapkan pendekatan PBL dan kelas VIII-H yang diterapkan pendekatan CTL. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket motivasi belajar siswa. Untuk menguji keefektifan pendekatan PBL dan CTL ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t- test pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan PBL dan CTL data diukur dengan menggunakan MANOVA dengan uji Hotelling’s Trace pada taraf signifikansi 5% dan selanjutnya digunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa, (2) pendekatan CTL efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa, dan (3) pendekatan PBL lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan CTL ditinjau dari motivasi belajar siswa, namun tidak lebih efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis.Abdul Khamid