Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:38:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-07T03:52:09Z2019-10-01T11:36:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50546This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/505462017-07-07T03:52:09ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WATESPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang terkait dengan
proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya
pembelajaran. Kegiatan PPL dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada
siswa serta mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru
atau tenaga kependidikan. Selain itu, kegiatan PPL juga dimaksudkan untuk
memperluas wawasan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam
pemecahan masalah. Kegiatan PPL dilaksanakan di SD Negeri 2 Wates selama 2
bulan dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan
PPL dilakukan baik dikelas rendah maupun kelas tinggi.
Program kegiatan PPL diawali dengan pembekalan yang dilaksanakan
serentak di ruang Abdullah Sigit bagi mahasiswa PPL Semester Khusus. Setelah
mendapatkan pembekalan dari pihak kampus, mahasiswa diwajibkan untuk
melakukan observasi baik fisik maupun nonfisik melalui pengamatan dan wawancara
dengan pihak sekolah. Observasi meliputi observasi perangkat pembelajaran, KBM,
lingkungan sekolah, perilaku siswa, fasilitas pembelajaran, dll. Berdasarkan hasil
observasi, dilakukan perancangan perumusan program kerja yang meliputi praktik
mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, ujian praktik mengajar, penyusunan
RPP, pengembangan media pembelajaran, dan kegiatan lain yang menunjang
kompetensi mengajar serta kegiatan lain yang dapat membantu pihak sekolah. Semua
program kerja yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan target yang
diharapkan walaupun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan. Hambatan
yang banyak ditemui diantaranya kesulitan dalam pengkondisian kelas yang
diakibatkan oleh perbedaan individu yang dimiliki siswa menjadikan suasana
pembelajaran kurang kondusif. Kegiatan PPL diakhiri dengan penarikan oleh dosen
pembimbing lapangan.
Berdasarkan pelaksanaan PPL di SD Negeri 2 Wates, mahasiswa dapat
mengembangkan kemampuan mengajarnya sebagai seorang calon pendidik. Selain
itu, melalui kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman dalam menerapkan
keterampilan yang dikuasai ke dalam pembelajaran di sekolah sebagai implementasi
kompetensi profesionalisme guru. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik
peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang
mendidik, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai calon pendidik di masa
yang akan datanKhafid Pradana Khafid Pradana