Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:20:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-11-30T23:33:06Z2019-10-01T12:01:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44078This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/440782016-11-30T23:33:06ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
LOKASI SLB N 1 BANTULPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga
pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses
pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa
dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan
kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga
berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar
kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses
KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia
pendidikan sebagai tenaga pendidik.
Kegiatan PPL terdiri dari dua bagian yaitu PPL I dan PPL II. Kegiatan di
PPL I meliputi observasi lapangan yang digunakan sebagai landasan pembentukan
program kerja dan merupakan awal pengenalan kondisi sekolah, kegiatan PPL II
yaitu praktek mengajar terbimbing dan mandiri dimana mahasiswa praktikan
dibimbing sebelum proses pembelajaran dalam menyusun perangkat
pembelajaran. Proses pembelajaran terdiri dari membuka pelajaran, menyajikan
materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara
memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media,
bentuk, cara evaluasi, dan menutup pelajaran.Dalam kegiatan PPL di SLB N 1
Bantul, mahasiswa praktikan mendapat kesempatan praktik mengajar di jurusan
Autis kelas 1,2,3,4,5 dan 6
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan
mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan
perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa
praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang
dimiliki. Kegiatan akhir PPL adalah penyusunan laporan yang melampirkan
dokumen- dokumen yang digunakan selama proses dan evaluasi pembelajaran
seperti RPP.Kasmi Kasmi2016-07-25T05:09:38Z2019-10-01T12:01:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37375This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/373752016-07-25T05:09:38ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
LOKASI SLB N 1 BANTUL
Jalan Wates No 147, Ngestiharjo, Kasihan, BantulPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga
pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses
pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa
dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan
kedalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun non formal. PPL juga
berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar
kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses
KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun kedalam dunia
pendidikan sebagai tenaga pendidik.
Kegiatan PPL terdiri dari dua bagian yaitu PPL I dan PPL II. Kegiatan di
PPL I meliputi observasi lapangan yang digunakan sebagai landasan pembentukan
program kerja dan merupakan awal pengenalan kondisi sekolah, kegiatan PPL II
yaitu praktek mengajar terbimbing dan mandiri dimana mahasiswa praktikan
dibimbing sebelum proses pembelajaran dalam menyusun perangkat
pembelajaran. Proses pembelajaran terdiri dari membuka pelajaran, menyajikan
materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara
memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media,
bentuk, cara evaluasi, dan menutup pelajaran.Dalam kegiatan PPL di SLB N 1
Bantul, mahasiswa praktikan mendapat kesempatan praktik mengajar di jurusan
Autis kelas 1,2,3,4,5 dan 6
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan
mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan
perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa
praktikan dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang
dimiliki. Kegiatan akhir PPL adalah penyusunan laporan yang melampirkan
dokumen- dokumen yang digunakan selama proses dan evaluasi pembelajaran
seperti RPP.Kasmi Kasmi