Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:06:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-13T01:42:54Z2019-01-30T12:13:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44535This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/445352016-12-13T01:42:54ZKEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN SETTING MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS
ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI BANGUN RUANG
SISI DATAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI
MATEMATIS DAN PRESTASI SISWA SMPPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan
saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan
prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain
penelitian pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah sebanyak empat kelas dengan
sampel dua kelas yang dipilih secara acak yakni kelas VIII C dan VIII D. Kedua
kelas diberikan perlakuan berbeda yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen
yang menggunakan pendekatan saintifik dengan setting STAD dan kelas VIII C
sebagai kelas kontrol yang menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis
dan prestasi siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis
data yang dilakukan dengan deskripsi data dan uji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 5%,
disimpulkan bahwa: 1) pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran
kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis
siswa, 2) pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe
STAD efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa, 3),pendekatan saintifik dengan
setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif dibanding
pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik atau keduanya memiliki
efektivitas yang sama ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, 4)
pendekatan saintifik dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe STAD
tidak lebih efektif dibanding pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik atau
keduanya memiliki efektivitas yang sama ditinjau dari prestasi belajar siswa.
Kata kunci: saintifik, STAD, kemampuan komunikasi matematis, prestasi.Tita Ayu KartikaHeri Retnawati