Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:09:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-10-31T01:09:20Z2019-10-01T12:01:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42966This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/429662016-10-31T01:09:20ZLAPORAN INDIVIDUAL
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah
praktik sebesar 3 sks dan bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa
kependidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk melatih dan memberikan
pengalaman nyata bagi mahasiswa kependidikan dibidang pembelajaran sehingga
mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat dari bangku
perkuliahan melalui suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya,
serta memantapkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian
dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.
Kegiatan PPL diawali dengan dilakukan observasi kelas pada bulan Maret
2014 untuk mengetahui situasi dan kondisi kelas pada saat kegiatan belajar
mengajar berlangsung, mengetahui karakteristik siswa dan proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru. Penerjunan kegiatan PPL dilaksanakan tanggal 2 Juli
dan diakhiri dengan penarikan pada tanggal 17 September 2014 bertempat di
SMK Negeri 4 Klaten. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan PPL
antara lain persiapan administrasi mengajar yaitu silabus, membuat rencana
pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan materi ajar, melaksanakan praktik
mengajar di kelas, membuat evaluasi pembelajaran, dan pembuatan laporan
sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian kegiatan PPL. Mata diklat yang diampu
oleh penyusun adalah Kompetensi Kejuruan Akuntansi Keuangan dan materi
yang diajarkan adalah memahami dana kas kecil dan mencatat pembentukan,
pengeluaran dan pengisian kembali dana kas kecil untuk kelas XI AK 1, XI AK 2,
dan XI AK 3. Frekuensi tatap muka di tiap kelas dalam satu minggu adalah 6 jam
pelajaran, sehingga dalam satu minggu ada 13,5 jam tatap muka.
Meskipun terdapat hambatan dalam proses pembelajaran seperti tidak
berfungsinya LCD yang ada di ruang teori, dan siswa belum siap pada saat
pembelajaran sudah dimulai namun masalah tersebut dapat diatasi dengan
memberikan handout kepada peserta didik dan memotivasi siswa untuk dapat
memulai pembelajaran. Dalam kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Klaten penyusun
dapat memperoleh pengalaman nyata dalam proses belajar mengajar, belajar
untuk membuat persiapan mengajar, dan belajar menjadi guru yang profesional.Karlina Faturokhmi Karlina Faturokhmi2016-09-15T04:14:10Z2019-10-01T12:01:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41359This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/413592016-09-15T04:14:10ZLAPORAN HASIL KEGIATAN PUSAT-PUSAT PENGEMBANGAN
LPPMP UNY TAHUN 2016LAPORAN HASIL KEGIATAN PUSAT-PUSAT PENGEMBANGAN
LPPMP UNY TAHUN 2016Karlina Faturokhmi Karlina Faturokhmi