Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:04:03ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-16T03:43:22Z2019-10-01T11:49:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34858This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/348582016-06-16T03:43:22ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTAKegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata
kuliah wajib yang diambil atau ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri
Yogyakarta program S1 kependidikan. Tujuan dari adanya mata kuliah PPL itu
sendiri adalah 1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang
pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan menggembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau
lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran 3) Meningkatkan kemampuan
mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah
dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah, klub atau lembaga
pendidikan.
SMK N 4 Yogayakarta yang beralamat di Jalan Sidikan No.60, Umbulharjo,
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tempat PPL
mahasiswa Boga, Busana dan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta. PPL
UNY dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 yang
diawali dengan sosialisasi dan koordinasi, observasi ke lokasi, serta identifikasi
permasalahan yang ada di sekolah. Pada kegiatan PPL ini setiap mahasiswa
dibimbing oleh guru pembimbing dan mendapatkan mata pelajaran yang harus
diampu oleh mahasiswa. Adapun mata pelajaran yang diampu oleh praktikan yaitu
Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental.
Kegiatan PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai bekal untuk
menjadi seorang pendidik yang professional. Persiapan fisik, mental dan materi
sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PPL di SMK N 4
Yogyakarta dapat berjalan dengan baik, tidak ada halangan yang begitu berarti.
Adapun yang dapat disimpulkan dari kegiatan PPL di SMK N 4 Yogayakarta yaitu:
1) Sarana untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah; 2) Sarana
untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah; 3)
Dapat memperluas wawasan sebagai tenaga pendidik, kegiatan persekolahan dan
kegiatan lain yang dapat menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah; 4)
Mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab
guru secara nyata; 5) keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur
utama yaitu guru dan murid dengan sarana dan prasarana pendukung; 6) Belajar
berinteraksi dan melakukan komunikasi yang baik dengan birokrasi sekolah, guru,
karyawan, serta siswa-siswi.Karina Isnaini Putri Karina Isnaini Putri