Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:04:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-21T00:17:01Z2019-01-29T21:20:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16962This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/169622015-04-21T00:17:01ZPENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA SMARTPHONE BLACKBERRY DI PUSAT HANDPHONE RAMAI PHONE MARKET YOGYAKARTA)PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA SMARTPHONE BLACKBERRY DI PUSAT HANDPHONE RAMAI PHONE MARKET YOGYAKARTA)
Oleh: Tutus Soko Kamandanu NIM. 08408144005
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Pusat Handphone Ramai Phone Market Yogyakarta, (2) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Pusat Handphone Ramai Phone Market Yogyakarta dan (3) Pengaruh ekuitas merek dan harga terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Pusat Handphone Ramai Phone Market Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto, yaitu menggunakan data masa lampau yang sudah ada tanpa memberi perlakuan maupun treatment khusus pada variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli smartphone Blackberry yang berada di Pusat Handphone Ramai Phone Market sejak Mei-Juni tahun 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil perhitungan ditentukan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 185 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ekuitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Pusat Handphone Ramai Phone Market Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,328, dan nilai signifikansi t sebesar 0,000 (sig<0,05), (2) Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pembelian smartphone Blackberry di Pusat Handphone Ramai Phone Market Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,546, dan nilai signifikansi t sebesar 0,000 (sig<0,05) dan (3) Ekuitas merek dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian smartphone Blackberry di Pusat Handphone Ramai Phone Market Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi F lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05).
Kata kunci: Ekuitas Merek, Harga, Keputusan Pembelian.Tutus Kamandanu Tutus Soko