Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:37:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-05T03:06:17Z2020-09-24T04:13:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8338This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83382012-12-05T03:06:17ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMBANG MACAPAT MIJIL MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASARPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah dalam
mengembangkan media pembelajaran interaktif tembang Mijil yang dikemas
dalam bentuk fisik CD (Compact Disc) pada mata pelajaran bahasa Jawa, dapat
digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa Sekolah Dasar.
Selain itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kualitas produk media
pembelajaran yang dikembangkan, agar layak digunakan sebagai media belajar
mandiri bagi siswa kelas V Sekolah Dasar.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan model prosedural,
berdasarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk.
Langkah-langkah dalam pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui
lima tahapan, yaitu (1) tahap analisis; (2) tahap perancangan; (3) tahap
pengembangan; (4) tahap validasi dan ujicoba; (5) tahap akhir produk media
pembelajaran. Setelah menghasilkan produk berupa media pembelajaran dalam
bentuk CD (Compact Disc) menggunakan aplikasi Macromedia Flash
Professional 8, kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan validasi oleh
dosen ahli materi, dan dosen ahli media. Saran dari hasil validasi digunakan untuk
merevisi produk. Setelah media dinyatakan layak, kemudian dilakukan penilaian
oleh guru bahasa Jawa SD, dan ujicoba media pembelajaran kepada siswa kelas V
SD Negeri 1 Banjarwinangun yang berjumlah 28 siswa, diakhiri dengan
mengerjakan evaluasi untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap
materi tembang Mijil.
Kualitas produk media yang dikembangkan berdasarkan validasi dosen
ahli materi yang terdiri dari 2 aspek penilaian, memperoleh rata-rata persentase
sebesar 87,75%, termasuk dalam kategori sangat baik. Validasi oleh dosen ahli
media yang terdiri dari 2 aspek penilaian, memperoleh rata-rata persentase sebesar
85%, termasuk dalam kategori sangat baik. Penilaian guru bahasa Jawa SD yang
terdiri dari 2 aspek penilaian, memperoleh rata-rata persentase sebesar 90%,
termasuk kategori sangat baik. Hasil angket tanggapan siswa memperoleh
persentase sebesar 92,2%, termasuk kategori sangat setuju terhadap media
pembelajaran yang dikembangkan tersebut. Hasil pemerolehan nilai evaluasi
siswa rata-rata 82,1% siswa dapat mencapai KKM yang ditetapkan, membuktikan
tingkat keefektifan media pembelajaran tembang Mijil yang dikembangkan sangat
baik.ISMANTO KUKUH DWI