Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:43:11ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-11-28T01:19:03Z2019-01-29T17:15:03Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7817This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78172012-11-28T01:19:03ZFAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN PENCAPAIAN
KOMPETENSI MEMBATIK MENGUNAKAN CTL PADA
MUATAN LOKAL BERKATEGORI BEST PRACTISE
DI SMP NEGERI 1 IMOGIRIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) faktor intern yang mendukung
keberhasilan siswa dalam pencapaian kompetensi membatik mengunakan CTL pada
muatan local berkategoribestpractice di SMP Negeri 1 Imogiri, 2) faktore kstern yang
mendukung keberhasilan siswa dalam pencapaian kompetensi membatik mengunakan
CTL pada muatan local berkategori best practice di SMP Negeri 1 Imogiri, 3) penerapan
strategi CTL pada muatan lokal membatik di SMP Negeri 1 Imogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Dengan subjek penelitian siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri sebanyak 31 siswa. Uji coba penelitian dilakukan di
SMP Negeri 1 Imogiri dengan jumlah 31 siswa.Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu angket, wawancara,dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah
validitas konstruk yang dikonsultasikan kepada para ahli (judgement expert) kemudian
dilakukan uji coba instrumen.Berdasarkanpendapat para ahli (judgement expert)
menunjukkan bahwa lembar angket untuk siswa sudah layak digunakan untuk penelitian.
Sedangkan berdasarkan perhitungan mengunakan korelasi point-biserialdinyatakan
semua butir pertanyaan valid. Reliabilitas angket mengunakan rumus belah dua
(SplitHalf) dinyatakan reliabel dengan nilai 0,862. Reliabilitas pedoman wawancara
mengunakan antarreter yang di berikan kepada tiga guru,diketahui bahwa ; rater pertama
memberikan skor 13, rater kedua memberikan skor 13, dan rater ketiga memberikan skor
13. Dengan demikian hasil skor yang diberikan kepada tiga rater dinyatakan sudah
konsisten satu dengan yang lain.Teknik analisis data mengunakan deskriptif dengan
prosestase.
Hasil penelitian ini menunjukkan : Faktor intern yang mendukung pencapaian
kompetensi membatik adalah factor motivasi (66%) dengan kategori mendukung, factor
bakat (34%) dengan kategori tidak mendukung, factor minat (96%) dengan kategori
sangat mendukung, kemudian factor kesiapan dan kemantapan (98%) dengan kategori
sangat mendukung . Faktor ekstern yang mendukung pencapaian kompetensi membatik
adalah factor lingkungan keluarga (62%) dengan kategori mendukung, factor lingkungan
sekolah (95%) dengan kategori sangat mendukung, kemudian unsur yang terakhir factor
lingkungan masyarakat (91%) dengan kategori sangat mendukung. Ke tujuh komponen
dalam CTL telah digunakan semua oleh guru akan tetapi guru masih menggunakan
pembelajaran secara langsung dikarenakan siswa SMP masih membutuhkan bimbingan
pada saat proses pembelajaran.WARDANI KISTI