Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:54:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-23T00:20:30Z2019-10-01T11:36:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46292This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/462922017-01-23T00:20:30ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI:
SMP NEGERI 1 NGAGLIK
Alamat: Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
15 Juli s/d 15 September 2016PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri
Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan
adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang
telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru
yang sebenarnya di dalam kelas. Adapun kelas yang harus diajar adalah kelas VII A,
VII B, dan VII C. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP
UNY) dan mendapat bimbingan atau pengarahan serta bekal sehingga mahasiswa
tidak kebingungan dalam melaksanakan program PPL. Selalin itu, mahasiswa juga
berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat
guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Tidak kemudian dapat
langsung mengajar di kelas, mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan
menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL.
Hal-hal yang perlu disusun merupakan dokumen-dokumen penting yang dapat
menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang
dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran), RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses
pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan
penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target
yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk
dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan RPP tidak memiliki konten.
Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak sama untuk
mengampu kelas, ada yang mengampu satu kelas, dan ada yang mengampu lebih dari
satu kelas. Penulis berkesempatan mengampu 3 Kelas, 1 Kelas pokok yaitu kelas VII
A, sedangkan 2 kelas tidak penuh yaitu kelas VII B dan VII C. Dengan jadwal
mengajar hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Untuk kelas VII A setiap minggunya
mendapat 4 jam pelajaran. Sedangkan kelas VII B dan VII C mendapat 2 jam
pelajaran. Selain itu mahasiswa PPL juga mengikuti kegiatan kegiatan diluar mengajar. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih
menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.KHOTIMATUL QOIRIAH KHOTIMATUL QOIRIAH