Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:58:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-05T01:32:29Z2019-10-01T11:36:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45461This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/454612017-01-05T01:32:29ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN
Mrican, Caturtunggal, Depok, SlemanPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian dari satu agenda
yang rutin dilaksanakan UNY setiap tahunnya. PPL merupakan proses
implementasi ilmu keguruan yang telah didapatkan dari bangku kuliah ke dalam
kelas secara nyata. Mahasiswa praktikan dihadapkan langsung dengan
lingkungan pendidikan SMK. Kegiatan PPL bertujuan untuk membentuk
seorang calon pendidik yang profesional. Mahasiswa praktikan harus
mengetahui proses mempersiapkan administrasi pendidik, cara mengajar yang
baik, pendekatan pembelajaran yang baik, model pembelajaran yang baik,
metode pembelajaran yang tepat, serta proses evaluasi dan analisis hasil yang
baik.
Kegiatan PPL dimulai dengan kegiatan persiapan yang meliputi:
pengajaran mikro di kampus, pembekalan PPL, observasi kelas, koordinasi
dengan pembimbing di SMK dan pembuatan persiapan mengajar. Setelah semua
persiapan selesai barulah kegiatan praktik bisa dilaksanakan. Dalam pelaksanaan
praktik mengajar mahasiswa praktikan juga dtuntut untuk bisa melakukan
evaluasi dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum yang digunakan untuk kelas
XI SMK N 2 Depok adalah kurikulum 2013 dengan pendekatan pembelajaran
scientific. Implementasi pendekatan ini meliputi tahap menggali informasi
melalui pengamatan, bertanya dan mencoba. Kemudian proses berlanjut dengan
mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi. Proses diakhiri
dengan menganalisis, menalar, dan menyimpulkan materi. Pembelajaran
Pemesinan Frais menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning yang
berbasis pada teori belajar kognitif dan praktik. Metode yang sering digunakan
adalah teori praktik di bengkel.
Proses pembelajaran berjalan sesuai perencanaan awal. Pendekatan,
model serta metode pembelajaran dapat diterapkan dengan beberapa
penyesuaian. Dalam pembelajaran Pemesinan Frais hasil yang di capai dari
penerapan kombinasi model pembelajaran Expository learning dan Cooperative
Learning dengan metode demotrasi adalah daya serap siswa rata-rata XI TP(A)
& TP(B) adalah 87% & 100%.KHAFID MANSYUR KHAFID MANSYUR