Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:07:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T08:40:19Z2019-10-01T12:01:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38619This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/386192016-08-03T08:40:19ZLAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
DI TK TUNAS IBU, SENDEN II, SELOMARTANI,
KALASAN, SLEMANPraktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib
yang harus ditempuh mahasiswa strata-1 kependidikan di Universitas Negeri
Yogyakarta. Tujuan dari program PPL UNY adalah untuk memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk mengenal dan memahami permasalahan sekolah terkait
dengan proses pembelajaran, memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam
bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan, serta memberikan kesempatan kepada
mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah didapat selama perkuliahan
guna mengembangkan sekolah. TK Tunas Ibu merupakan salah lembaga sekolah
yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjadi lokasi PPL pada
tahun 2014. Tk Tunas Ibu berlokasi di dusun Senden II, Selomartani, Kalasan,
Sleman, Yogyakarta.
Tim PPL UNY 2014 di TK Tunas Ibu berasal dari 1 prodi yaitu prodi PG
PAUD, sehingga program yang dilaksanakan di TK meliputi program-program yang
berkaitan dengan pendidikan. Kegiatan PPL di TK Tunas Ibu berlangsung selama 2,5
bulan sejak tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Program-program yang telah
disusun diawal kegiatan telah dilaksanakan dengan cukup baik. Program-program
tersebut diantaranya Pengadaan UKS, pengadaan gudang, pengadaan hiasan di dalam
kelas, pengecetan alat permainan outdoor, dan lain-lain.
Dari pelaksanaan kegiatan PPL di Tk Tunas Ibu, dapat disimpulkan bahwa
kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengenal dan
mempelajari permasalahan di TK terkait proses pembelajaran, memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan
keterampilan yang telah dipelajari dalam pembelajaran di sekolah, serta dapat
meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang
terkait..KANTHI LARAS WULANSARI KANTHI LARAS WULANSARI