Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:49:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-22T00:54:13Z2019-01-29T18:29:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10152This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/101522013-02-22T00:54:13ZPENGEMBANGAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A1 TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL NGORO-ORO PATUK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ketarampilan motorik halus anak melalui bermain playdough di kelompok A1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ngoro-oro.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Subjek penelitian adalah anak didik, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek penelitian ini berupa pengembangan keterampilan motorik halus melalui bermain playdough. Setting penelitian di TK Aisyiyah Bustanul Ngoro-oro yang beralamat di Salaran, Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan observasi atau pengamatan langsung dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis data observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat dikembangkan melalui bermain playdough. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas 6 keterampilan motorik halus yang dikembangkan mengalami peningkatan yang baik atau berkembang sesuai harapan, yaitu keseimbangan badan mencapai 90% atau sejumlah 19 anak, ketahanan badan mencapai 100% atau sejumlah 21 anak, keterampilan jari-jari tangan mencapai 86% atau 18 anak, kekuatan otot tangan mencapai 100% atau sejumlah 21 anak, keunggulan tangan 95% atau sejumlah 20 anak, dan koordinasi mata dan tangan mencapai 90% atau sejumlah 19 anak.
Kata kunci : keterampilan motorik halus, bermain, playdough.
Juwatijuwatisalsabila82@gmail.com