Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:57:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-10-04T08:32:05Z2019-01-29T16:49:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6493This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64932012-10-04T08:32:05ZPENGAMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF PADA SISWA JURUSAN OTOMOTIF KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH I PLAYENABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran Teknik
Dasar Otomotif
(
TDO
) kelas X SMK Jurusan Otomotif semester I dengan materi “Sistem
pada Komponen Mesin 4 Langkah” yang tervalidasi ditinjau dari aspek isi/materi, aspek
pembelajaran, aspek tampilan, dan aspek pemrograman.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan
(research and
development
)
. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 44 orang yang terdiri dari 4
orang siswa untuk uji coba satu lawan satu, 10 orang siswa untuk uji coba kelompok
kecil, dan 30 orang siswa untuk uji coba lapangan. Siswa yang menjadi subjek penelitian
adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah I Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Data
dikumpulkan dengan instrumen angket
(kuesioner). Hasil dari pengumpulan data
tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berbentuk CD Interaktif yang
dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar pada mata pelajaran
TDO kelas X SMK jurusan otomotif. Deskripsi CD interaktif yang dihasilkan berisi materimateri
tentang
komponen
yang
terdapat
pada
system mesin 4 langkah dengan animasi
dan gambar untuk menjelaskan isi materi dan disertai soal-soal evaluasi . Hasil
penelitian pengembangan menunjukan sudah memenuhi kriteria standar aspek
pembelajaran mendapat rata-rata skor 3,9 dengan kriteria “baik”, aspek materi/isi
mendapat rata-rata skor 4,1 dengan criteria “baik”, aspek tampilan mendapat rata-rata
skor 4,2 dengan kriteria “sangat baik”, dan aspek pemrograman mendapat rata-rata skor
4,42 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, dari hasil uji coba lapangan yang
dilakukan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran mata pelajaran TDO kelas
X SMK jurusan otomotif dengan materi “Sistem pada Komponen Mesin 4 Langkah”
sudah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.Isti Juhari